Mengapa Berjualan di Internet?
Toko online dapat memberikan kesempatan untuk meluaskan usaha Anda. Hal ini karena banyaknya pengguna Internet yang akan menjadi pangsa pasar Anda. Di Indonesia, ada sekitar 50 juta penduduk yang menggunakan Internet dan terus berkembang. Ditambah dengan perkembangan kemajuan di bidang komunikasi, telah membuat Internet mudah diakses melalui telepon genggam atau smartphone yang sedang trend saat ini. Penggunaan Internet menjadi hal yang rutin bagi kebanyakan orang setiap harinya. Mereka inilah calon pembeli Anda!Bahkan, para pengguna Internet biasanya adalah mereka yang mempunyai kemampuan ekonomi yang baik sehingga mempunyai cukup daya beli untuk membeli produk dari toko online Anda. Tidak heran jika suatu toko online dapat menghasilkan omzet ratusan juta rupiah. Inilah salah satu daya tarik dari bisnis online, ditambah dengan berbagai kelebihan lainnya dibandingan dengan toko offline.
Apa Saja Keuntungan Toko Online?
Keuntungan dari toko online dibanding toko offline, antara lain:Modal murah
Biaya yang diperlukan hanya berupa biaya domain, hosting dan jasa pembuatan website. Bahkan, biaya ini bisa nol atau tidak ada biaya sama sekali jika Anda menggunakan sarana gratis seperti Blogspot, Wordpress atau Multiply. Situs web Indonesia seperti TokoBagus juga menawarkan jasa yang hampir serupa. Selain itu, biaya promosi melalui Facebook dan Twitter untuk mempromosikan barang dan jasa juga bisa dilakukan dengan biaya yang gratis.Biaya operasional murah
Tidak perlu menyewa kios, toko, atau tempat. Anda dapat mengaksesnya dari rumah. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk kegiatan operasional adalah biaya Internet dan biaya listrik. Begitu juga untuk biaya gaji karyawan yang dapat diminimalkan karena hanya membutuhkan sedikit karyawan bahkan bisa Anda kelola sendiri.Dapat beroperasi 24 jam
Calon membeli dapat melihat barang dagangan kita kapanpun melalui Internet.Pangsa pasar yang sangat luas
Dapat menjangkau seluruh dunia karena toko online Anda bisa diakses dari mana saja. Penduduk dari negeri lain dapat juga menjadi pelanggan Anda. Dan biasanya mereka berani mengeluarkan uang lebih banyak ketimbang pembeli dari dalam negeri.
Buat Perencanaan dan Persiapan yang Matang
Walau tidak membutuhkan modal besar, tetapi diperlukan persiapan dan perlu pengelolaan yang baik agar toko online Anda dapat meraih banyak pembeli. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola toko online:Tampilkan foto produk Anda semenarik mungkin
Biasanya, yang pertama kali dilihat para pengunjung adalah tampilan produk. Oleh karena itu, buatlah foto prosuk Anda dengan baik. Tata produk dengan baik sebelum difoto, perhatikan pencahayaannya dan ambillah sudut yang baik dari produk Anda. Jika memungkinkan, pakailah kamera yang akan menghasilkan kualitas foto yang baik.Susun website toko online Anda agar memudahkan pengunjung
Agar memudahkan pengunjung mencari produk yang diinginkan, susunlah produk Anda berdasarkan kategori. Misalnya, jika toko online menjual pakaian, Anda dapat membagi-bagi produk berdasarkan kategori rok, celana, kemeja, kaos, dan kategori lainnya. Sebagai tambahan informasi, dapat juga ditampilkan produk yang menjadi bestseller, produk baru, atau produk yang sedang promo dan diskon.Berikan deskripsi produk
Jelaskan produk Anda dengan detail. Misalnya, sertakan informasi tentang bahan pakaian, ukuran pakaian atau informasi lainnya dalam jika Anda menjual pakaian.Hal ini diperlukan karena pembeli tidak dapat secara langsung memegang atau mencoba produk Anda, berbeda dengan toko offline.Informasi tentang toko dan diri Anda
Salah satu yang membuat orang enggan bertransaksi secara online adalah karena tidak mengetahui lokasi secara jelas dan sangat mudah untuk ditipu jika tidak berhati-hati. Untuk meyakinkan calon pembeli, cantumkan nama yang dapat dihubungi, alamat, nomor telepon dan alamat email. Jika mungkin sediakan fasilitas chat. Dengan demikian, pembeli merasa lebih tenang dalam bertransaksi karena mengetahui kemana dia dapat komplain atau menanyakan lebih lanjut jika barang yang dibeli belum diterima.Pelayanan
Jika pembeli puas dengan produk dan pelayanan yang Anda berikan, maka mereka dapat menjadi pelanggan serta dapat menjadi sarana promosi yang sangat baik untuk toko online Anda. Mereka dapat mempromosikan kepada keluarga atau teman sehingga pembeli produk Anda semakin bertambah. Maka, berikanlah pelayanan atau service yang kepada pembeli. Misalnya dengan pengiriman yang cepat atau garansi. Jangan biarkan ketidakpuasan seorang pembeli merusak bisnis Anda. Tanggapi jika ada komplain dari pelanggan agar tidak meragukan pembeli lainnya.Promosi
Jangan lupa mempromosikan toko online Anda. Banyak keberhasilan diraih karena ketekunan pengelola toko online mempromosikan produknya. Promosi secara gratis atau biaya minimal, dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media online seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, Anda juga bisa memasang iklan produk dan jasa Anda di berbagai media online yang memiliki reputasi baik, sesuai dengan jenis produk Anda, dan dikunjungi banyak pengunjung setiap harinya. Banyak toko online berhasil karena kekuatan promosi mereka.
No comments:
Post a Comment